Subscribe

Tuesday, January 5, 2010

File Hilang dari FlashDisc........????

Flashdisk kena virus sih gampang solusinya tinggal scan aja pakai antivirus. Tapi yang jadi masalah kalau file penting kita juga ikut kehapus bersama virus tadi. Tapi coba deh cek dulu apa file kita itu bener2 kehapus atau nggak, soalnya kebanyakan virus hanya meng"hidden" aja file kita tadi. Caranya ngecek liat aja properties flashdisc kita, masih penuh atau nggak. Kalau properties-nya penuh padahal data kita tinggal sedikit, mungkin ada file yang ke-hidden. Nah ada cara mengatasinya....
  1. Masukkan atau colokkan flash disk pada usb pada computer kita, sebagaimana kita mengoperasikan flash disk seperti biasa.
  2. Explore computer kita, yaitu dengan mengklik kanan pada tool bar ‘start’(pojok kiri). Lalu sorot dan pilihlah explore sehingga muncul tampilan start menu.
  3. Pilih lokasi flash disk kita.
  4. Pada tampilan start menu terdapat 6 menu pokok yang sering disebut menu bar yaitu file, edit, view, faforites, tools dan help. Pilih menu pokok tools sehingga muncul beberapa beberapa menu lanjutan (menu pull down).
  5. Pilih folder option, sehingga akan muncul tampilan folder option yang memiliki beberapa menu bar.
  6. Pilih dengan mengklik kiri menu view.
  7. Cari tulisan “show hidden files and folders”  dan beri tanda pada bagian ini.
  8. Cari tulisan “hide protected operating system files (recommended)” pada kotak advanced setting.
  9. Hapuslan tanda centang (cek) di samping kiri pada “hide protected operating system files (recommended)” dengan mengklik kiri tanda centang tersebut.
  10. Akan muncul tampilan peringatan (warning) pilih “yes”.
  11. Kemudian “apply” pengaturan tersebut dan pilih “ok”.
  12. Sekarang coba anda lihat data dalam flash disk anda.

No comments:

Post a Comment